Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat melalui pembelajaran dengan menggunakan media ular tangga pada siswa Kelas IV SD Negeri Tegalgiri 2. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran di kelas. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam wujud proses pengkajian berdaur siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tegalgiri 2 semester genap, dengan jumlah 25 siswa, yang terdiri dari 10 perempuan dan 15 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dalam penelitian ini siswa melaksanakan pembelajaran dengan aplikasi media permainan ular tangga. Berdasarkan hasil analisis data : 1) Ada peningkatan penilaian afektif materi gerak dasar lompat pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalgiri 2, yang dibuktikan dengan data siklus 1 sebesar 60%, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 80%, 2) Ada peningkatan penilaian kognitif materi gerak dasar lompat pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalgiri 2, yang dibuktikan dengan data siklus 1 sebesar 64% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 84%, 3) Ada peningkatan penilaian psikomotor materi gerak dasar lompat pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalgiri 2, yang dibuktikan dengan data siklus 1 sebesar , yang dibuktikan dengan data siklus 1 sebesar 72% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 88%.
Copyrights © 2023