Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. SpecialIssue (2023): Mei

Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan Jigsaw Pada Siswa

Dian Setiawati (universitas mataram)
Agus Ramdani (Unknown)
Khairuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Hasil belajar siswa pada umumnya masih tergolong rendah, hal ini dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran oleh guru yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan Jigsaw. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah pre-ekperimental, pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah instrumen tes. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling yaitu tehnik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Tehnik pengolahan data pada penelitian ini diolah dengan menggunakan analisis uji statistik yaitu rumus uji-t. Berdasarkan hasil tes penguasaan materi yang dilakukan oleh peserta didik dikelas eksperimen 1 nilai rata-rata pada data pre-tes adalah 63,9 dan pada data post-tes sebesar 74,9. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata data pre-tes sebesar 63,5 dan pada data post-tes sebesar 67,4. Berdasarkan hasil analisis data yang menggunakan uji t diperoleh Thitung > Ttabel (4.204 > 2.002), dapat di simpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student archievement division) dan Jigsaw di SMAN 5 Mataram.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...