Jurnal Edueco
Vol. 6 No. 1 (2023): Juni

KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI CELEBRITY ENDORSER,DESAIN DAN KUALITAS PRODUK AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK LE MINERALE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Aktif Prodi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta)

Devi Alfina Rahmawati (Universitas Islam Batik Surakarta)
Eny Kustiyah (Universitas Islam Batik Surakarta)
Fithri Setya Marwati (Universitas Islam Batik Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi aspek bantuan variabel celebrity endorser, desain dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen dalam membeli air minum dalam kemasan Merek Le Minerale pada mahasiswa aktif prodi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta. Purposive sampling digunakan untuk memilih sampel penelitian untuk penelitian deskriptif kuantitatif ini sebanyak 102 responden dengan populasi 340 mahasiswa. Beberapa uji seperti Regresi linier berganda digunakan dalam analisis ini sebagai metodologi penelitiannya dengan menggunakan metodologi pengujian berdasarkan data normalitas, uji validitas, dan uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis, uji F, uji t dan uji determinasi. Dengan alat analisis SPSS versi 25. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser, desain produk dan kualitas produk secara simultan dan signifikan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian air minum merek Le Minerale pada mahasiswa aktif manajemen Universitas Islam Batik Surakarta. Pengaruh celebrity endorser bersifat negatif dan signifikan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Desain produk berdampak positif dan signifikan kemungkinan konsumen melakukan pembelian. Kualitas produk memainkan peran utama dalam pilihan akhir konsumen untuk membeli. Menghitung koefisien determinasi (R2), celebrity endorser, desain dan kualitas produk memiliki nilai sebesar 71,9%, sedangkan sisanya 28,1% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Edueco

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Eueco menerbitkan artikel di bidang Pendidikan Ekonomi dan Ekonomi. Terbit 2 periode, yakni Juni dan Desember. ...