ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 2 No 4 (2023): Volume 2 Nomor 4. Page: 440 - 583

Edukasi Bullying Pada Anak Usia Dini Dalam Perspektif Kristen

Suardin Zai (Sekolah Tinggi Teologi Ekumene)
Elieser R Marampa (Sekolah Tinggi Teologi Ekumene)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Permasalahan bullying kerap menjadi perhatian yang serius dalam kehidupan masyarakat terutama anak-anak yang belum mampu membedakan mana yang baik dilakukan dan yang tidak baik dilakukan. Bullying merupakan tindakan menyakiti dalam bentuk fisik, psikis, dan sinis. Tujuan penelitian ini untuk memberikan pemaparan edukasi dari sudut pandang Kristen agar mencegah tindakan bullying terhadap anak usia dini. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan metode kajian literatur melalui studi pustaka, studi kasus, danbuku sebagai rujukan referensi. Adapun hasil kajian penelitian ini adalah edukasi bullying pada anak usia dini sudah seharusnya diterapkan supaya anak usia dini tidak menjadi korban sekaligus pelaku dari pelbagai tindakan bullying dengan dampak dan resiko yang merugikan. Dibutuhkan konsolidasi yang intensif antara orang tua dan pendidik di sekolah untuk memberikan wawasan pengetahuan dalam mengantisipasi mencegah terjadinya tindakan bullying pada anak.

Copyrights © 2023