Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 2 (2023): Volume 09 No 02, Juni 2023

EFEKTIVITAS MODEL PBL BERBANTUAN CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS III

Emi Yulifa (Universitas PGRI Semarang)
Agnita Siska Pramasdyahsari (Universitas PGRI Semarang)
Sri Suneki (Universitas PGRI Semarang)
Ninik Sijamtini (SDN Petompon 02)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Hasil belajar kognitif siswa kelas III-A SDN Petompon 02 cenderung rendah dikarenakan pembelajaran yang berpusat pada guru, menerapkan model pembelajaran konvensional, dan belum memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui hasil belajar kognitif muatan Bahasa Indonesia dengan model PBL berbantuan Canva dapat memenuhi KKM atau tidak. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektifitas model PBL berbantuan canva terhadap hasil belajar kognitif siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas III-A SDN Petompon 02. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan jenis pre experimental design menggunakan one group pretest posttest. Uji hipotesis yang dilakukan ialah menggunakan uji One Sample t test dengan t_hitung = 5, 207 > t_tabel = 2,069 atau Sig. 0,000 < α = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sementara itu, penelitian ini juga menggunakan uji N-Gain yang memperoleh hasil 66,29 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBL berbantuan Canva cukup efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada muatan Bahasa Indonesia di kelas III.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...