Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora
Vol. 9 No. 2 (2023): Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora

Merancang Model Project Based Learning untuk Mengembangkan Sikap Gotong Royong dan Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Urai Erlina (Universitas Tanjungpura Pontianak)
Agung Hartoyo (Universitas Tanjungpura Pontianak)
Erlina Erlina (Universitas Tanjungpura Pontianak)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Dalam merealisasikan kuruikulum merdeka perlu dipertimbangkan beberapa dalam pembelajaran agar sejalan dengan pengembangan karakter. Kondisi peserta didik diarahkan lebih pada kemampuan psikomotor yang lebih ditonjolkan. Untuk itu gotong royong dan kreatif perlu kondisikan sehingga gotong royong. Satu diantara model pembelajaran yang memungkinkan dapat terkait langsung atau tak langsung yakni model pembelajaran berbasis proyek. Berikutnya adalah membuat instrument yang sesuai. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah metode penelitian deskriptif. Perolehan data tersebut dianalisis dan dibahas. Data yang diperoleh sifatnya kualitatif. Sehingga data tersebut saat dianalisis dominan dalam kualitatif. Adapun hasil yang diperoleh, sebagai berikut. Dari enam tahapan kegiatan pembelajaran dengan model PjBL tahapan pembelajaran yang memberikan hasil observasi sangat baik ada 4 tahapan dan 2 tahapan yang lain digolongkan masih standar/baik. Dimensi gotong royong lebih memberikan hasil observasi yang lebih maksimal, namun dimensi kreatif peserta didik lebih banyak diberikan hasil standar/baik dalam hasil observasinya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ALWATZIKHOEBILLAH

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The scopes of this journal are Economics and Business, Islamic Economics, Islamic History and Civilization, Islamic Dakwah, Study of The Koran And Tafseer, Education, Islamic Education, Islamic Philosophy, Islamic Law, and Social ...