Physics and Science Education Journal (PSEJ)
Physics and Science Education Journal (PSEJ), Volume 1 Nomor 3, Desember 2021

MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETING PADA PELAJARAN FISIKA KELAS XI MIPA

Dinda Aura Natasya (Pendidikan Fisikan Universitas Jambi)
M Hidayat (Pendidikan Fisika Universitas Jambi)
Rahma Dani (Pendidikan Fisika Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi minat belajar peserta didik dalam menggunakan aplikasi zoom cloud meeting di kelas XI MIPA SMAN 6 Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket minat belajar terhadap aplikasi zoom cloud meeting dengan sampel sebanyak 144 siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa sudah memiliki minat belajar yang tinggi. Indikator perasaan senang berada pada kategori baik dengan persentase 79%, indikator perhatian berada pada kategori baik dengan persentase 56%, indikator ketertarikan berada pada kategori baik dengan persentase 60%, dan indikator keterlibatan berada pada kategori baik dengan persentase 72%. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya minat belajar yang tinggi akan mendorong siswa untuk memiliki kemauan yang tinggi dalam mengikuti pelajaran serta juga akan bersemangat dalam pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psej

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Focus and scope of PSEJ is Physics, Physics Education, and science Education, including: Physisc Instrumentation and electronic Materials Science Theoretical and Computational Physics Earth Sciences Physics Education Innovation of Physics Learning Assessment and Evaluation in Physics Education Media ...