Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 3 No. 8 (2023)

Penerapan Model PjBL Berbantuan Media Ular Tangga untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Sekolah Dasar

Afifah Rochmatur Rodhiyah (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Siti Halimatus Sakdiyah (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Luluk Faridatuz Zuhro (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2023

Abstract

Abstract: Based on the diagnostic assessment, the results obtained from 28 children were 5 children in the very good category and 4 children in the good category with a level of creativity. The purpose of this research is to describe the use of the PjBL based snakes and ladders to increase the creativity of students in SBdP Class I SDN Bandungrejosari 1. This type of research was classroom action research conducted in two cycles. The stages of each cycle are planning, action, observation and reflection. The research subjects were class IB students at SDN Bandungrejosari 1. The data is collected by observation, documentation, and products analysis. Data analysis use qualitative and quantitative analysis. This research is said successfully if the percentage of creativity reaches 80 percent and the application of the PjBL reaches 90 percent. The results showed an increase in each indicator of creativity. The fluency indicator increased by 7.14 percent from the first cycle of 81.25 percent to 88.39 percent in the second cycle. The novelty indicator increased by 5.35 percent from the first cycle of 80.36 percent to 85.71 percent in the second cycle. The flexibility indicator increased by 2.68 percent from cycle I of 75.89 percent to 78.57 percent in cycle II, so it can be concluded that the PjBL based snakes and ladders can increase the creativity of students in Sbdp Class I SDN Bandungrejosari 1. Abstrak: Berdasarkan asesmen diagnostik, didapatkan hasil dari 28 anak terdapat 5 anak dalam kategori sangat baik dan 4 anak dalam kategori baik tingkat kreativitasnya. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model PjBL berbantuan media ular tangga untuk meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran SBdP Kelas I SDN Bandungrejosari 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Tahapan tiap siklus yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IB SDN Bandungrejosari 1. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan produk. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila persentase kreativitas mencapai 80 persen dan penarapan model PjBL mencapai 90 persen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan setiap indikator kreativitas. Indikator kefasihan meningkat sebesar 7, 14 persen, pada siklus I 81,25 persen sedangkan pada siklus II 88,39 persen. Indikator kebaruan meningkat sebesar 5,35 persen, pada siklus I 80,36 persen sedangkan pada siklus II 85,71 persen. Indikator fleksibilitas meningkat sebesar 2,68 persen, pada siklus I 75,89 persen sedangkan pada siklus II 78,57 persen, sehingga dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbantuan media ular tangga dapat meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Sbdp Kelas I SDN Bandungrejosari 1.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...