BINA CIPTA
Vol 2 No 1 (2023): BINA CIPTA

PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK UMKM KUBE SARASWATI SEBAGAI SARANA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA WISATA JATILUWIH, TABANAN-BALI

I Wayan Adi Pratama (Politeknik Internasional Bali)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Kunjungan wisatawan yang menurun semasa pandemi Covid-19 berdampak besar kepada daya tarik wisata Jatiluwih yang dikelola oleh Badan Pengelola DTW Jatiluwih sepanjang tahun 2020 sampai dengan 2021. Sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat sekitar DTW Jatiluwih, pengelola DTW membentuk KUBE (Kelompok Usaha Bersama) Saraswati Jatiluwih untuk menaungi produk UMKM yang dimiliki masyarakat. Pengabdian masyarakat ini merupakan program pelatihan dan pendampingan lanjutan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh Program Studi Diploma 3 Seni Kuliner yang telah mengembangkan produk teh beras merah serta kerupuk teh beras merah. Melalui program pengabdian kepada masyarakat ini, Politeknik Internasional Bali bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan mengembangkan peluang ekonomi bagi masyarakat di Desa Wisata Jatiluwih dengan topik strategi pemasaran produk UMKM. Pelatihan dilakukan kepada anggota KUBE Saraswati Jatiluwih dengan dibantu materi pelatihan yang disampaikan melalui layar proyektor dan rangkuman materi yang dirancang dalam bentuk poster. Terdapat tiga hasil tinjauan yang dapat dicapai melalui PKM ini yaitu: (1) Pemahaman pentingnya strategi pemasaran, (2) Pengenalan berbagai strategi pemasaran secara offline dan online, dan (3) Perancangan materi pemasaran produk UMKM.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

art

Publisher

Subject

Other

Description

Ruang lingkup artikel dalam jurnal Bina Cipta mencakup kegiatan pengabdian yang dilaksanakan berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya meliputi: 1. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat 2. Model atau konsep serta implementasinya dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dalam ...