NARATIF : Jurnal Nasional Riset Aplikasi dan Teknik Informatika
Vol 5 No 1 (2023): NARATIF : Jurnal Nasional Riset Aplikasi dan Teknik Informatika

PENETRATION TESTING WEBSITE DENGAN METODE BLACK BOX TESTING UNTUK MENINGKATKAN KEAMANAN WEBSITE PADA INSTANSI (REDACTED)

Widi Linggih Jaelani (Sekolah Tinggi Teknologi Bandung)
Yanto Yanto (Sekolah Tinggi Teknologi Bandung)
Fitri Khoirunnisa (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Penetration testing website merupakan sebuah pengujian yang dilakukan untuk meningkatkan keamanan pada website agar tidak terkena serangan dari luar hak akses. Penetration testing memiliki 3 metode dalam melakukan pengujian diantaranya, black box testing, white box testing dan gray box testing. Dimana ketiga metode ini mempunyai scope pengujian yang berbeda dan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Metode black box testing hanya mendapatkan akses sebatas informasi tentang nama website atau alamat url saja. Pengetesan white box testing akses yang penguji dapatkan itu sangat kompleks, karena dengan metode ini penguji dapat mengetahui scope yang banyak dimulai dari coding, alur dari aplikasi, dan hak akses yang cukup untuk melakukan pengetesan. Sedangkan metode gray box testing pada pengujian ini hak akses yang dimiliki penguji mengetahui alur dan memiliki akun yang bisa di akses ke dalam website. Penetration testing website dengan metode black box testing merupakan teknik pengujian website untuk meningkatkan keamanan website. Dengan mengimplementasikan metode black box testing ini cukup efektif apabila dilakukan untuk pengujian jangka pendek karena untuk melakukan metode testing ini cukup menggunakan tools yang open source maupun dengan tools manual lainnya. Oleh karena itu, pada penelitian ini penulis menggunakan black box testing karena akses yang diberikan hanyalah sebatas informasi alamat url saja.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

naratif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering

Description

NARATIF :Jurnal Nasional Riset Aplikasi dan Teknik Informatika merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Jurnal Naratif terbit dalam jangka waktu satu tahun sebanyak dua kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. Cakupan ...