Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Lingkungan internal dan eksternal dari usaha budidaya ikan nila Fish Makmur Mrs , 2) alternatif strategi apa yang bisa dterapkan agar usaha budidaya ikan nila bisa berkembang dan menghadapi pesaing. Penelitian ini menggunakan metode penelititan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan secara purposive (sengaja) yaitu Fish Makmur Mrs yang mengusahakan ikan nila .Analisis yang digunakan adalah faktor internal (Internal Factor Analysis Summary), analisis faktor eksternal (External Factor Analysis Summary) dan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa lingkungan internal perusahaan memiliki posisi yang kuat dimana kekuatan memiliki nilai total sebesar 3,59 berbanding kelemahan sebesar 1,35. Posisi perusahaan terhadap lingkungan di luar juga memiliki posisi yang kuat dimana peluang perusahaan memiliki nilai total sebesar 2,87 berbanding ancaman sebesar 0,88. Perolehan nilai skor dari faktor internal sebesar 2,24 dan faktor eksternal sebesar 1,99, maka usaha budidaya ikan nila berada pada kuadran pertama, maka langkah yang harus dilakukan oleh usaha Fish Makmur Mrs adalah menetapkan strategi kebijakan Strength-Opportunity (S-O) yaitu meningkatkan kekuatan internal dengan memanfaatkan peluang eksternal.
Copyrights © 2023