JURNAL TEKNIK MESIN
Vol 11, No 1 (2023): VOLUME 11, NOMOR 1, JANUARI 2023

ANALISIS TEGANGAN BOOM PADA BACKHOE LOADER JOHN DEERE 310L MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Muhammad Mahdy Faiz (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Sumar Hadi Suryo (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Muchammad Muchammad (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Backhoe Loader adalah mekanisme yang digerakkan oleh tenaga yang digunakan untuk menggali, memindahkan atau mengangkut kerikil, pasir atau tanah. Mesin ini merupakan mesin konstruksi yang menggabungkan antara traktor, loader, dan backhoe. Backhoe terdiri dari tiga bagian, yakni boom, arm, dan bucket. Boom merupakan lengan atas, arm merupakan bagian dari lengan bawah, dan bucket merupakan alat penggali dan pengangkat di ujungnya.  Dengan kondisi kerja yang keras dalam operasi backhoe, tekanan tinggi dapat merusak bagian boom yang akan berdampak negatif terhadap produktivitas alat berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tegangan boom pada Backhoe Loader John Deere 310L menggunakan metode linear static dengan penerapan metode elemen hingga yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan evaluasi untuk mengetahui faktor keamanan boom Backhoe Loader John Deere 310L. Dilakukan tiga variasi untuk mendapatkan tegangan von mises, yaitu posisi jangkauan tinggi maksimum, jangkauan datar maksimum, dan jangkauan kedalaman maksimum. Material yang diuji pada penelitian kali ini menggunakan material Hardox 400. Diperoleh nilai tegangan von mises dan nilai deformasi pada  posisi jangkauan tinggi maksimum sebesar 711,09 Mpa dan 12,44 mm, pada posisi jangkauan datar maksimum sebesar 881,46 Mpa dan 15,95 mm, dan pada posisi jangkauan kedalaman maksimum sebesar 571,05 dan 9,94 mm. Nilai safety factor yang didapatkan sebesar 1.13 yang mana masih dalam kategori aman sehingga tidak terjadi kegagalan material.

Copyrights © 2023