Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI)
Vol 8 No 1 (2022): Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia

HUBUNGAN SIKAP PETUGAS PENDAFTARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KABUPATEN PASURUAN

Hanna Sukmawati (Unknown)
Titis Eka Gusti (Unknown)
Eka Yusmanisari (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2022

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan yang diberikan oleh penyedia fasilitas pelayanan, kepuasan atau ketidakpuasan pelanggan adalah respon pelanggan terhadap evaluasi terhadap ketidaksesuaian yang dirasakan antara harapan sebelumnya dan kinerja produk setelah dipakainya. Tujuan dari penelitian ini adalah digunakan untuk mengetahui hubungan antara sikap petugas pendaftaran dengan kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas gempol. Subjek dan Metode: Desain penelitian ini menggunakan cross secsional, dengan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 58 responden, dengan menggunakan teknik pengambilan data menggunakan simple random sampling dan dengan menggunakan uji resgresi logistik, lokasi penelitian dilakukan di puskesmas gempol. Pada penelitian ini variabel independennya yaitu sikap petugas dan variabel dependennya kepuasan pasien. Hasil: Hasil pada variabel sikap petugas pendaftaran dengan p = 0,05 hal ini menunjukkan bahwa nilai p kurang dari sama dengan 0,05 Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap petugas pendaftaran dengan kepuasan pasien rawat jalan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIKI

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia is a journal to disseminate various scientific papers on health development and other research of health also disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of health ...