GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 4 No 3 (2023): GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

ANALISIS SISTEM ANTRIAN DAN OPTIMALISASI LAYANAN TELLER PADA KOPERASI KREDIT SWASTI SARI KUPANG

Dairu, Yuniyati Louru (Unknown)
Fanggidae, Ronald P C (Unknown)
Makatita, Reyner F (Unknown)
Bunga, Markus (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Sistem Antrian dan Optimalisasi Pelayanan Teller Pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian terapan. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan model struktur antrian Multi Channel-Single Phase yang memiliki 4 orang kasir, sistem pelayanannya menggunakan aturan First come First Served (FCFS) atau siapa yang datang lebih dulu akan dilayani terlebih dahulu. Koperasi Kredit Swasti Sari buka mulai pukul 08.00-16.00 WITA dengan mencatat jumlah konsumen yang masuk ke dalam sistem setiap selang waktu satu jam. Olahan Data (2023) menunjukkan bahwa tingkat kedatangan konsumen tertinggi dapat dilihat pada pukul 10.00-11.00 WITA dengan jumlah antrean yang dibuka dan jumlah rata-rata yang dilayani per satuan waktu pada masing-masing lini. Fasilitas yang disediakan oleh Koperasi Swasti Sari Kupang adalah 4 teller dengan 1 tahap pelayanan, maka dari itu dapat digunakan model antrian multiple line. Kata Kunci : Sistem Antrian, Optimalisasi Layanan Teller

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

glory

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

GLORY Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan Prodi Manajemen, Universitas Nusa Cendana Kupang yang memuat hasil penelitian ilmiah berupa kajian teoritis ataupun empiris, yang bersumber dari review literatur, penelitian lapangan, best practice ataupun kombinasi dari ...