Jurnal Daya Matematis
Vol 3, No 1 (2015): Maret

PROFIL KEMAMPUAN SPASIAL DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI SISWA YANG MEMILIKI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TINGGI DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Musdalifah Asis, Nurdin Arsyad, Alimuddin (Makassar State University)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2015

Abstract

Abstrak; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan spasial dalam  menyelesaikan masalah geometri yang disusun berdasarkan indikator kemampuan spasial yaitu kerangka acuan, konservasi jarak, representasi spasial, rotasi mental dan hubungan proyektif pada siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi ditinjau dari perbedaan gender. Instrumen penelitian ialah tes kecerdasan logis matematis, tes kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah geometri (TKSMG), pedoman wawancara dan rubrik penilaian kemampuan spasial. Subjek penelitian ialah 2 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi dilihat dari hasil tes yang diberikan kepada 51 calon subjek. Subjek kemudian diberikan TKSMG disertai wawancara untuk menghasilkan data. Setelah melakukan penafsiran data maka disimpulkan bahwa terkait: (1) kerangka acuan dan rotasi mental, subjek laki-laki dominan menggunakan kemampuan spasialnya sedangkan subjek perempuan dominan menggunakan penalaran logisnya, (2) konservasi jarak, subjek laki-laki dan perempuan kurang menggunakan kemampuan spasialnya dan dominan menggunakan logikanya, (3) representasi spasial dan hubungan proyektif, subjek laki-laki dan perempuan mengintegrasikan kemampuan spasial dan kecerdasan logis matematisnya, (4) level kemampuan spasial, kemampuan spasial subjek laki-laki dan perempuan yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi berada pada level tinggi. Kata Kunci:Kemampuan Spasial, Masalah Geometri, Kecerdasan Logis Matematis, Perbedaan Gender

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JDM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika is a journal that provides an authoritative source of scientific information for researchers and academics, research institutions, government agencies, and teacher ...