Journal of Educational Science and Technology
Volume 1 Nomor 2 September 2015

KONTRIBUSI PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP PEMENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 UNGGULAN KOTA TERNATE

Asdar Sasmito (Keahlian supervisor pendidikan, Ternate)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (i) kontribusi Pengawas Sekolah terhadap pemenuhan Standar Nasional Pendidikan di SMA Negeri 1 Unggulan Kota Ternate ditinjau dari aspek supervisi manajerial (ii) kontribusi pengawas sekolah terhadap pemenuhan Standar Nasional Pendidikan di SMA Negeri 1 Unggulan Kota Ternate ditinjau dari aspek supervisi akademik, dan (iii) Kontribusi pengawas sekolah terhadap pemenuhan Standar Nasional Pendidikan di SMA Negeri 1 Unggulan Kota Ternate ditinjau dari evaluasi terhadap penerapan aspek supervisi manajerial dan supervisi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan  4 orang Pengawas Sekolah, 1 orang Kepala Sekolah, 1 orang Kepala Tata Usaha, 3 orang Wakil Kepala Sekolah, dan 4 orang Guru. Data diambil melalui  wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan (i) Kontribusi Pengawas Sekolah dalam aspek supervisi manajerial berupa bimbingan mengenai standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan diberikan kepada Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Kepala Tata Usaha. (ii) Kontribusi Pengawas Sekolah dalam aspek supervisi akademik berupa bimbingan mengenai standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, dan standar penilaian pendidikan diberikan pada Guru. (iii) Kontribusi Pengawas Sekolah dalam aspek evaluasi pendidikan berupa partisipasi aktif dalam menilai pelaksanaan penerapan aspek supervisi manajerial dan aspek supervisi akademik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JEST

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal EST mempublikasikan artikel hasil penelitian bidang studi kependidikan, yang berhubungan dengan belajar dan pembelajaran, teori dan praktik pendidikan, kebijakan pendidikan, pengembangan kurikulum dan materi pembelajaran, pendidikan budaya dan karakter bangsa, pendidikan guru, teknologi dan ...