Paulus Journal of Accounting (PJA)
Vol 4 No 2 (2023): Paulus Journal of Accounting (PJA)

ANALISIS KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN METODE CAMEL (KASUS PADA BANK BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2021)

Natalia Desi Devita (Universitas Hasanuddin)
Cepi Pahlevi (Universitas Hasanuddin)
Fauzi R Rahim (Universitas Hasanuddin)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja keuangan BUMN perbankan dengan menggunakan rasio CAMEL yang meliputi aspek permodalan, aktiva produktif, manajemen, profitabilitas dan likuiditas, untuk mengetahui tingkat stabilitasnya. Penelitian ini melibatkan 42 perusahaan. Teknik Pengambilan Sampel dalam penelitian ini Teknik purposive sampling, jumlah sampel adalah 4 perusahaan perbankan; BRI (BBRI), BNId (BBNI), BTNd (BBTN) dan Bank Mandiri. Metode CAMEL digunakan sebagai metode analisis. Riset menunjukkan antara tahun 2017 hingga 2021, BRI, BNI, dan BTN berada pada posisi sehat sedangkan Bank Mandiri tidak sehat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pja

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Paulus Journal of Accounting berfungsi sebagai media informasi dan pertukaran artikel ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa, praktisi dan pengamat sains di bidang akuntansi dan bisnis . Editor PJA menerima artikel ilmiah tentang penelitian empiris dan studi teoritis yang berkaitan dengan ...