Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
Vol 14, No 1 (2023): Juni

Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Suplier Menggunakan Metode Topsis (Studi Kasus : Toko Keripik Rona Jaya Bandar Lampung)

Rosyana Fitria Purnomo (Universitas Mitra Indonesia)
Yodhi Yuniarthe (Universitas Mitra Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Sistem Penunjang Keputusan  termasuk komponen dari sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk membantu pengungkapan pendapat dalam situasi tidak terstruktur dan semi-terstruktur ketika tidak ada orang yang  tahu secara pasti bagaimana keputusan perlu dibuat.Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini yaitu banyak nya home industri yang bekerjasama dengan keripik Rona Jaya mengeluarkan produk kripik dengan varian yang beraneka ragam sehingga membuat keripik Rona Jaya menjadi kesulitan dalam menentukan pemilihan supplier yang sesuai dengan permintaan pasar. Tujuan dari penilitian ini yaitu untuk mempercepat proses pengambilan keputusan dalam pemilihan supplier keripik yang berkualitas dan dapat menghasilkan informasi akurat guna mendukung pengambilan keputusan. Salah satu jenis metode pengambilan keputusan adalah TOPSIS . Metode yang diterapkan pada Penelitian ini yaitu Sistem Penunjang Keputusan yang menggunakan metode TOPSIS pada pemilihan supplier Keripik pada keripik singkong Rona Jaya Lampung. Adapun kriteria penilaian yang digunakan yaitu varian rasa, kadaluarsa, berat produk, dan harga. Sistem informasi yang dibangun berbasis dekstop dengan database manajemen sistem menggunakan SQL. Dari hasil uji coba 4 sampel menghasilkan nilai terbaik 0,61 dimana penilaian antara 0-1, dimana nilai maksimal yaitu 1. Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi yang dapat membantu pemahaman dalam pemilihan supplier produk keripik yang lebih laku dipasaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

explore

Publisher

Subject

Other

Description

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika menyajikan artikel/naskah dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam Fokus pada 5 kelompok keilmuan di Informatika yaitu : Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Sistem Informasi, Jaringan, Multimedia dan ...