Jurnal Rekavasi
Vol 11 No 1 (2023)

Penerapan Metode Just In Time dalam Upaya Optimalisasi Biaya Bahan Baku Produksi Tahu di Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus: CV. Pono Jaya)

Muhammad Yogi Arif Hidayat (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Yayan Saputra (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Alloysius Vendhi Prasmoro (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Rifda Ilahy Rosihan (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Ibnu Susanto Joyosemito (Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

CV. Pono Jaya adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang industri makanan yang memproduksi tahu. Dalam proses produksi tahu periode 2021 terdapat sisa bahan baku kedelai yang tidak terpakai pada saat proses pembuatan tahu sehingga mengakibatkan adanya penumpukan bahan baku kedelai di gudang dan menimbulkan biaya simpan yang besar. Untuk itu dilakukan penelitian ini agar dapat menentukan pengendalian persediaan pada bahan baku yang optimal dan memberikan usulan saran dalam pengendalian persediaan pada bahan baku kedelai dengan memakai metode Just In Time. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa setelah memakai metode Just In Time untuk pemesanan yang optimal dalam satu tahun adalah 15 kali, dalam satu kali pemesanannya sebanyak 3170 Kg untuk bahan baku kedelai dan dibutuhkan 3 kali pengiriman, untuk pengiriman satu minggu pertama adalah 1070 Kg, minggu kedua adalah 1050 Kg, dan minggu ketiga adalah 1050 Kg. Dari data aktual perusahaan didapatkan biaya persediaannya adalah Rp. 6.850.000, lalu setelah memakai metode Just In Time maka biaya persediaan yang dikeluarkan adalah Rp. 818.117.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

rekavasi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Rekavasi merupakan open acces journal yang diterbitkan Prodi Teknik Industri, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta. Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, setiap bulan Mei dan ...