Pariwisata merupakan sektor penting yang berkontribusi terhadap ekonomi masyarakat. Pengelolaan pariwisata berbasis pertanian semakin berkembang setiap waktu. Hal ini menyebabkan terciptanya persaingan bisnis untuk menciptakan konsumen yang loyal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap kepuasan konsumen agrowisata Jogja Star Garden dan menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen agrowisata Jogja Star Garden. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan survei. Metode pengambilan responden dengan teknik sampling insidental dengan jumlah sebanyak 50 responden. Kriteria responden adalah konsumen dengan rentang usia 15-64 tahun yang telah melakukan pembelian buah belimbing pada agrowisata Jogja Star Garden minimal satu kali untuk dikonsumsi sendiri selama satu tahun terakhir. Penelitian menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi mempengaruhi kepuasan konsumen agrowisata Jogja Star Garden. Kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi mempengaruhi loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen agrowisata Jogja Star Garden.
Copyrights © 2023