Journal of Mandalika Literature
Vol. 2 No. 4 (2021)

KESIAPAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMP N 4 MATARAM TAHUN 2022

Andi Anshari Bausad, Arif Yanuar Musrifin (Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM), Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) Mataram)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2021

Abstract

Kualitas pendidikan saat ini sedang mengalami masalah sebagai dampak wabah coronavirus disease yang menyebar dengan cepat, termasuk di Indonesia. Mendikbud menghimbau pelaksanaan proses pembelajaran agar tidak di laksanakan secara tatap muka, atau menggunakan metode pembelajaran jarak jauh sebagai alternatif pelaksanaan pembelajaran. Pendidikan jasmani program aktivitas belajar yang memberikan pokus yang proporsional dan memadai terhadap tiga ranah, yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang kesiapan peserta didik di SMP N 4 Mataram dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pengumpulan data dengan metode survey melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 4 Mataram dengan jumlah 190 peserta didik. Dengan menggunakan teknik proportionate random sampling sampel penelitian ini adalah 97 siswa dari 6 kelas siswa kelas VII. Instrumen ini menggunakan angket yang sudah di uji Validitas dan Reabilitas dalam angket kesiapan peserta didik kelas VIII dalam pembelajaran jarak jauh mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan 28 butir pernyataan, yang terbagi menjadi 3 aspek, aspekpra pelaksanaan,pelaksanaan dan evaluasi. Teknis analisis data menggunakan teknik analisis data diskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP N 5 Mataram secara keseluruhan baik dari aspek pra pelaksanaan, pelaksanaan dan evaluasi mendapatkan penilaian sangat tinggi dengan frekuensi 0 dan persentase 0 %, penilaian tinggi dengan frekuensi 27 dan persentase 27,83 %, penilaian cukup dengan frekuensi 68 dengan persentase 70,10 %, penilaian rendah dengan frekuensi 2 dan persentase 2,06 %, dan untuk penilaian sangat rendah dengan frekuensi dan persentase 0 %. Kesimpulan Kesiapan peserta didik kelas VIII SMP N 4 Mataram dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dari keseluruhan aspek di dapatkan rata rata-ratanya adalah 89,43 dan masuk dalam kategori cukup.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jml

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Sebagai sarana penyebarluasan ilmu pengetahuan dan media komunikasi di kalangan masyarakat ilmiah, profesional, atau ...