CENDEKIA PENDIDIKAN
Vol 2 No 2 (2023): BULAN MEI

PROBLEMATIKA PESERTA DIDIK PADA JENJANG SEKOLAH DASAR KELAS RENDAH SDN 4 CURAH JERU

Aenor Rofek (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Surya Ika Wati (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Nur Aida Fajri (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)
Sintawati Sintawati (Universitas Abdurachman Saleh Situbondo)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Problematika siswa juga terdapat di lingkungan SDN 4 Curah Jeru. Beberapa siswa mempunyai kebiasaan melakukan kenakalan dan menjadi keluhan guru juga orang tua. Kondisi lingkungan rumah yang sebagian besar mungkin orang tuanya banyak kesibukan diluar rumah atau kurang memberikan perhatian kepada anak, tidak heran jika anak-anak secara tidak sengaja sering melakukan kenakalan-kenakalan yang berasal dari sebagian orang tuanya sendiri. Kenakalan siswa perlu dikaji lebih lanjut guna menemukan solusi untuk memperbaiki perilaku siswa di sekolah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mendapatkan gambaran lebih mendalam tentang kenakalan siswa sekolah dasar di SDN 4 Curah Jeru dengan model studi kasus. Adapun jenis analisis penelitian ini adalah (1) bentuk kenakalan siswa, (2) faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa (3) faktor kemalasan pada diri siswa di SDN 4 Curah Jeru. Kenakalan siswa adalah perilaku menyimpang dan melanggar peraturan sekolah yang dilakukan oleh siswa. Kenakalan siswa yang terjadi disebabkan oleh diri siswa sendiri, juga disebabkan oleh faktor keluarga dan lingkungan sekitar. Pengaruh keluarga yang memicu adanya kenakalan siswa disebabkan kurangnya perhatian dari orang tua, ketidak harmonisan keluarga. Pengaruh lingkungan yang kurang baik juga dapat memicu timbulnya kenakalan siswa. Kenakalan yang dilakukan oleh siswa yaitu mengganggu temannya saat pembelajaran berlangsung, berkelahi, tidak mematuhi peraturan sekolah. Dari kenakalan yang terjadi, pendidik memberikan hukuman agar siswa mendapat efek jera dari kenakalan tersebut. Mencegah perilaku siswa berupa kenakalan ini memerlukan adanya evaluasi pada program sekolah serta upaya kolaboratif antara pihak sekolah dan keluarga. Kenakalan siswa pada jenjang sekolah dasar sangat perlu mendapat perhatian besar karena jika tidak mendapat penanganan yang serius maka bisa jadi kenakalan tersebut akan berkembang dan menjadi masalah besar saat menuju jenjang pendidikan berikutnya. Bagi Orang Tua Siswa, hendaknya menjalin kerjasama yang baik melalui komunikasi yang intensif kepada pihak sekolah dan guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekiapendidikan

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal Cendekia memiliki focus and scope dalam Kajian dan penelitian di bidang pendidikan, kajian menejemen Sekolah, PTK (penelitian tindakan kelas), dan hasil penelitian di bidang pendidikan dan pengembangan pembelajaran di sekolah ...