Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi
Vol 7 No 1 (2023): JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA AL QALASADI

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa di MTs. Lab Ikip Al-Washliyah Medan

Dwi Ikasari (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Medan, Indonesia)
Firmansyah Firmansyah (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain posttest only control group desain. Penelitian ini dilakukan di MTs. LAB IKIP Al Washliyah Medan pada kelas VII-A menjadi kelas eksperimen dan kelas VII-E menjadi kelas kontrol, T.A 2022/2023. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian kemampuan penalaran matematis. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini diolah menggunakan aplikasi SPSS 27 for windows menggunakan teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelaajaran problem based learning berbantuan lembar kerja peserta didik (LKPD).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

qalasadi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (JAQ) welcomes any papers on mathematics education, teaching mathematics in any technical knowledge domain: original theoretical works, literature reviews, research reports, social issues, psychological issues, curricula, learning environments, research in an ...