Al Yazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan
Vol. 4 No. 2 (2022): Oktober : Al Yazidiy : Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan

PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR 2022

Faridahtul Jannah (Universitas Panca Marga)
Thooriq Irtifa’ Fathuddin (UPT SD Negeri 323 Gresik)
Putri Fatimattus Az Zahra (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2022

Abstract

Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang bermacam-macam agar peserta didik lebih optimal dan memiliki konsep dan menguatkan kompetensi yang dimilikinya. Pendekatan pada penelitian ini amenggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data penelitan ini menggunakan analisis deskriptif. Pada analisis tersebut, data dimaknai secara deskriptif dan dituangkan secara naratif. Hasil penelitian terdapat beberapa problematika yang ditemukan saat mengimplementasikan kurikulum merdeka 2022 di kedua sekolah tersebut. Dalam Kurikulum merdeka ini guru dituntut lebih kreatif dalam merancang modul ajar, tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran sehingga seorang guru tidak dapat lagi sembarangan dalam pembuatan RPP guna merancang KBM dalam setiap pekan. Pekerjaan sekolah tujuannya hanya sebagai penguatan profil pelajar Pancasila. PS tetap diberikan kepada peserta didik setiap harinya akan tetapi tidak hanya pada pembelajaran di dalam kelas. Pembelajaran juga perlu dilaksanakan di luar kelas guna meningkatkan keaktifan peserta didik dan menginovasikan dirinya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

AY

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Ruang Lingkup Jurnal Al Yazidy yaitu aspek ilmu keislaman secara umum dan tidak terbatas pada aspek tertentu semisal ilmu sosial, humaniora, pendidikan dan lain ...