JCES (Journal of Character Education Society)
Vol 6, No 3 (2023): Juli

PELATIHAN PENGUATAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU MENGGUNAKAN COLABORATIVE LEARNING PROJECT PADA GURU SMP NEGERI

Sudarsono Sudarsono (Jurusan Pendidikan Sosiologi, Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rahmat Nur (Jurusan Pendidikan Sosiologi, Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Abstrak: Tujuan Pengabdian ini adalah meningkatkan Pembelajaran IPS terpadu yang berperan penting dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk berpikir kritis dan imajinatif tentang masyarakat dan isu-isu sosial. Interaksi guru—siswa di dalam proses pembelajaran IPS terpadu juga tidak terbangun dengan baik, karena strategi mengajar yang digunakan oleh guru masih bersifat konvensional, atau hanya mengandalkan metode ceramah. Colaborative learning prjocet sebagai metode pembelajaran memungkinkan dapat menfasilitasi siswa agar terlibat aktif di dalam proses pembelajaran. Evaluasi yang digunakan pada pengabdian ini adalah evaluasi kongnitif, afektif dan psikomotorik. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada SMP Negeri 10 Barru. Melalui pelatihan ini, sebanyak 10 guru dan 20 siswa dapat belajar bagaimana bekerja sama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas-tugas dan proyek bersama, membangun kepercayaan dan keterampilan bekerjasama, serta meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 10 Barru.Abstract: Integrated social studies learning plays an important role in developing knowledge and skills to think critically and imaginatively about society and social issues. Teacher-student interaction in the integrated social studies learning process is also not well developed, because the teaching strategies used by teachers are still conventional, or only rely on the lecture method. Collaborative learning prjocet as a learning method allows it to facilitate students to be actively involved in the learning process. Community service is carried out at SMP Negeri 10 Barru. Through this training, teachers and students can learn how to work together in groups to complete tasks and projects together, build trust and cooperative skills, and improve student learning outcomes at SMP Negeri 10 Barru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JCES

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Character Education Society (JCES) | ISSN 2614-3666, is one of the devotion journals managed by the Faculty of Teacher Training and Education of Muhammadiyah University of Mataram and published every January and July. The publication of JCES aims to disseminate conceptual thinking and ...