Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 6, No 5 (2023): martabe : jurnal pengabdian kepada masyarakat

PENDAMPINGAN PENULISAN BUKU AJAR BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK GURU SEKOLAH DASAR

Wati Sukmawati (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Zulherman Zulherman (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Buku pelajaran merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Pembelajaran memiliki dampak baik pada perubahan pribadi maupun profesional. Salah satu cara untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan adalah dengan mengadopsi pendekatan kontekstual, yang mengintegrasikan kondisi lingkungan siswa ke dalam pembelajaran. Program pelayanan nirlaba ini bertujuan menerapkan pendekatan kontekstual melalui pembuatan buku teks yang mengandung nilai-nilai kearifan lokal, sehingga siswa dapat mengaplikasikan konsep yang dipelajari di sekolah untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di sekitarnya. Tujuan utama dari program nirlaba ini adalah membantu guru sekolah dasar di Kabupaten Indramayu dalam mengembangkan buku teks kontekstual. Metode yang digunakan terdiri dari dua tahap utama, yaitu pelatihan dan pendampingan. Hasil pelayanan menunjukkan antusiasme yang tinggi dari para guru, karena mereka berada di daerah terpencil dan sebelumnya tidak pernah mendapatkan perhatian dari pihak lain. Melalui program ini, para guru yang terlibat dapat membuat buku teks kontekstual

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...