Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis model Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 21 Pekanbaru tahun ajaran 2021/2022, ahli media dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika, serta siswa kelas VII SMP Negeri 21 Pekanbaru sebagai kelompok kecil. Objek dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas, LKS berbasis model PBL dinyatakan berada pada kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 92,4%. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis PBL dinyatakan berada pada kategori sangat praktis dengan tingkat kepraktisan kelompok kecil 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan valid dan praktis.
Copyrights © 2023