Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan konseling kelompok pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk meningkatkan sikap percaya diri pada korban bullying di SMP N 11 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan desain two group pretest-posttest design, salah satu grup akan dipilih berdasarkan kriteria, kelompok yang akan dipilih yaitu kelompok eksperimen. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas VIII. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling, yakni teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu oleh peneliti. Teknik penghimpunan data menggunakan wawancara dan skala. Alat untuk penghimpunan data menggunakan skala kepercayaan diri. Dalam analisis data bertujuan guna mengetahui ada tidaknya perubahan serta ingin mengetahui besar tingkatannya pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diteliti dari mulai diberikan pretest, treatment sampai posttest. Siswa yang telah diberikan treatment ada kenaikan skor, pada kelompok eksperimen yang awalnya 63 menjadi 83, 8. Sedangkan, hasil kelompok kontrol yakni dengan rata-rata 79,4 mengalami kenaikan kepercayaan diri. Hasil dari N-Gain Score kelompok eksperimen mengalami peningkatan lebih tinggi dari pada kelompok kontrol yaitu dengan skor 20,8 > 14,6. Penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) efektif untuk mereduksi sikap tidak percaya diri pada siswa.
Copyrights © 2023