Jurnal Pengabdian Masyarakat Jajama (JPMJ)
Vol 1 No 2 (2022): JPMJ Vol 1 No 2 2022

PR (Peer Group) Anak Sekolah Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Usia Sekolah Di Gedong Tataan Pesawaran

Apri Rahma Dewi (STIKes Panca Bhakti)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Anak usia sekolah merupakan tahapan perkembangan yang sangat penting dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan manusia. Pada tahapan anak usia sekolah merupakan tahapan anak mulai mengembangkan kreativitas menjadi anak yang produktif dan percaya diri, jika tumbuh kembang pada tahapan anak usia sekolah tidak terpenuhi akan berdampak pada perkembangan anak hingga dewasa. Langkah yang tepat sebagai upaya peningkatan perkembangan anak usia sekolah dengan menerapkan peer group, dengan adanya peer group dapat membantu anak dalam meningkatkan kreativitas dan produktifitas, serta meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan berkelompok pada anak. Kegiatan pengabdian masyarakat, dilakukan dengan menerapkan PR (Peer Group ) pada anak usia sekolah di SDN 4 Gedong Tataan, kegiatan berlangsung selama kurang lebih satu bulan. Hasil kegiatan didapatkan bahwa terdapat peningkatan rerata poin dari kemampuan tumbuh kembang anak usia sekolah dari 31,86 menjadi 52,19 poin. Pelaksanaan kegiatan peer group pada umumnya meningkatkan kemampuan anak usia sekolah dan memberikan pengetahuan pada guru mengenai upaya meningkatkan tumbuh kembang yang optimal pada anak sekolah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmj

Publisher

Subject

Public Health

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Jajama (JPMJ) is a journal that publishes the results of community service in the health sector, publication twice a year (August and ...