JURNAL ILMIAH Al BATTANI
Vol 1, No 1 (2015)

Kompetensi Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SD Negeri Geumpang Kabupaten Pidie

Yusran, Yusran (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program kerja kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pengajaran, tehnik supervisi pengajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah, kendala kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru, dan tindak lanjut kepala sekolah dalam meningkatkan supervisi pengajaran. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi. Sedangkan subjek penelitian adalah ketua komite sekolah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program kerja kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pengajaran memiliki rancangan yang baik untuk jangka waktu satu tahun ke depan dan dirumuskan kembali di tahun yang akan datang; (2) Tehnik supervisi pengajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah dilakukan dengan pendekatan langsung dan tidak langsung; (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kinerja guru antara lain sedikitnya waktu yang dimiliki oleh kepala sekolah sehingga pelaksanaan supervisi sulit untuk diagendakan, lebih memperhatikan pada aspek psikologis guru, sehingga pelaksanaan supervisi pengajaran disesuaikan dengan kondisi guru, dan perilaku guru sangat variatif dan menyulitkan kepala sekolah menyesuaikan dengan keadaan sekolah; dan (4) Tindak lanjut kepala sekolah dalam meningkatkan supervisi pengajaran dilakukan dengan cara melaksanakan kegiatan supervisi pengajaran sesuai dengan perencanaan kerja yang tepat sasaran dan tidak terkendala dengan kegiatan rutin kepala sekolah, mengupayakan strategi pelaksanaan supervisi pengajaran dengan strategi yang baik, dan menyesuaikan teknik pelaksanaan supervisi pengajaran dengan perilaku guru di sekolah. Kata Kunci: Kompetensi Kepala Sekolah, Supervisi Pengajaran, dan Kinerja Guru

Copyrights © 2015