Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 3, No 1 (2015): April 2015

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ZAT KIMIA DALAM MAKANAN PADA SISWA KELAS VIII MTsN MEUREUDU

Safrina Safrina (Unknown)
Saminan Saminan (Unknown)
Muhammad Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh penerapan model PBL terhadap ketrampilan proses sains (KPS) dan pemahaman konsep zat kimia dalam makanan pada siswa kelas VIII MTsN Meureudu, 2) mengetahui kemampuan representasi (enaktif, ikonik, dan simbolik) setelah penerapan model PBL pada materi zat kimia dalam makanan pada siswa kelas VIII MTsN Meureudu. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian adalah 19 siswa kelas VIII MTsN Meureudu tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL dan lembar observasi untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian yaitu penerapan model PBL mempengaruhi KPS dan pemahaman konsep zat kimia dalam makanan siswa kelas VIII MTsN Meureudu. Pengaruh terlihat dari hasil uji hipotesis, diperoleh nilai signifikan lebih kecil dari α (0,05). Selain itu, kemampuan representasi siswa kelas VIII MTsN Meureudu setelah penerapan model PBL pada materi zat kimia dalam makanan menjadi lebih baik. Kemampuan representasi siswa pada enaktif adalah 74%, ikonik 63%, dan simbolik 68%.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...