Pandemi Covid-19 telah menyebabkan berhentinya kegiatan pembelajaran tatap muka dalam waktu yang cukup lama, dan digantikan oleh sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) guna mengurangi penyebaran virus corona. Pembelajaran daring memiliki banyak tantangan, salah satunya adalah kurangnya efektivitas fokus siswa karena proses penyampaian materi tidak dilakukan secara langsung atau tatap muka. Penelitian ini ingin melihat bagaimana efektivitas pembelajaran daring pada siswa dan guru di SMPN 3 Kota Komba, Kab. Manggarai Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Pengumpulan data dilakukan melalui pendekatan yang mendalam terhadap subjek penelitian, dengan dukungan tinjauan literatur yang telah ada sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring dalam hal pemahaman siswa di SMPN 3 Kota Komba masih belum efektif, disebabkan oleh berbagai kendala seperti keterbatasan sarana dan prasarana seperti ponsel, komputer, dan jaringan internet yang tidak stabil. Upaya yang telah dilakukan antara lain adalah memaksimalkan sumber daya yang tersedia, merancang desain pembelajaran yang mudah diakses oleh siswa, serta memilih aplikasi yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa.
Copyrights © 2023