Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran POE dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di SMP Negeri 6 Tondano. Nonequivalent control group design digunakan dalam penelitian ini. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sampel dibagi menjadi dua kelas yang masing-masing berjumlah 25 siswa, dimana kelas eksperimen I adalah kelas VIIA dan kelas eksperimen II adalah kelas VIIB. Pretest dan posttest digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dari kedua model pembelajaran. Uji hipotesis (uji-t) menghasilkan nilai signifikan 0,000 < 0,025 yang artinya bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan di kelas VII SMP Negeri 6 Tondano yang diberikan model pembelajaran POE dan Learning Cycle 5E.
Copyrights © 2023