VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal
Vol 18 No 1 (2023): VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal

INCREASING READING LITERACY OF GRADE V ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS USING FLIPBOOK-BASED LEARNING MEDIA

Fani Yantik (Unknown)
Setya Yuwana (Universitas Negeri Surabaya)
Hendratno (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran, kualitas media yang meliputi validitas, kepraktisan dan keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis flipbook untuk meningkatkan literasi membaca cerita pada siswa kelas V MI Sabilillah Sampang. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Four-D. Subjek terdiri dari 28 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media memperoleh nilai rata-rata 4,53 dengan proporsi 91%, aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 64 dengan proporsi 91% dan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 65 dengan proporsi 95%. Media pembelajaran berbasis flipbook untuk meningkatkan literasi membaca cerita pada aspek keefektifan menggunakan uji N-gain 4 siswa pada kategori sedang dan 24 siswa pada kategori tinggi. Berdasarkan data harga t-statistik = 15,05 > t-tabel = 2,052, terdapat perbedaan yang signifikan antara X1 dan X2 . Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Filpbook efektif untuk digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jiv

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal VISI is published on Juni and December every year which published by Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta. This journal focuses on Early Childhood Education and Society Education. This journal warmly welcomes to articles contributions from scholars of related ...