Pengembangan media magic box interaktif bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran matematika sekolah dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari tahap analyze (analisis), tahap design (rancangan), tahap development (pengembangan), tahap implementation (implementasi) dan tahap evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini yaitu kelas IV SD Negeri 95 Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket validasi, lembar angket respon peserta didik dan respon guru. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan menggunakan angket validasi ahli media dengan nilai rata-rata kevalidan 86,55%, penilaian ali materi mendapatkan persentase rata-rata 93,33% sangat valid. Penilaian angket One To One berjumlah 3 siswa dengan persentase rata-rata 94,6%, penilaian angket Small Grup berjumlah 6 siswa dengan persentase rata-rata 94,0% dan respon guru dengan persentase rata-rata 91,11% sangat praktis. Berdasarkan hasil yang dikembangkan oleh peneliti yang berjudul pengebangan media pembelajaran magic box interaktif pada mata pelajaran matematika disimpulkan bahwa media magic box interaktif telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid dan praktis serta layak untuk di uji coba atau digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Media Magic Box Interaktif, Bangun Datar.
Copyrights © 2023