Jurnal PORKES
Vol 6, No 1 (2023): PORKES

Tingkat pengetahuan wasit bolavoli tentang filosofi dan perannya dalam suatu pertandingan

Sujarwo Jarwo (universitas negeri yogyakarta)
Margono Margono (Program Studi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan masih adanya wasit yang belum mengetahui tentang filosofi dan diikat sebagai wasit bola voli, selain itu wasit bola voli harus terus mengembangkan diri dalam hal pengetahuan dan pekerjaannya sebagai wasit dengan terus berlatih dalam memimpin. pertandingan atau mengambil kursus wasit atau upgrade. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan wasit bola voli tentang filosofi dan peran wasit dalam suatu pertandingan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik survey. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah google form. Subyek penelitian ini adalah 17 wasit bola voli dengan lisensi yang bervariasi dari daerah hingga nasional.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan wasit dalam kategori rendah sebanyak 1 orang sebanyak 5,88%, kategori sedang sebanyak 4 orang sebanyak 23,52%, kategori tinggi sebanyak 11 orang sebanyak 64,70%, kategori sangat tinggi sebanyak 1 orang sebanyak 5, 88%. Kesimpulannya adalah wasit bola voli harus mengetahui filosofi menjadi wasit yaitu sebagai juri, dan juga kecewa dalam suatu pertandingan adalah sebagai pemimpin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

porkes

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup Jurnal Porkes adalah: Pendidikan Olahraga, Kesehatan Olahraga, Kepelatihan Olahraga, Olahraga Tradisional, Manajemen Keolahragaan, Kebugaran Jasmani, Biomekanika, Fisiologi Olahraga, Fisikologi ...