Educatio
Vol 18, No 1 (2023): Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan

Pengembangan Rencana Pembelajaran Semester dan Materi Ajar berbasis Multimedia bagi Mahasiswa Autis

Leonardi Paris Hasugian (Universitas Komputer Indonesia)
Irfan Dwiguna Sumitra (Universitas Komputer Indonesia)
Imelda Pangaribuan (Universitas Komputer Indonesia)
Syahrul Mauluddin (Universitas Komputer Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan perspektif pembelajaran bagi mahasiswa Autism Spectrum Disorder pada Program Studi Sistem Informasi, Universitas Komputer Indonesia. Perspektif tersebut dituangkan pada Rencana Pembelajaran Semester dan materi ajar berbasis multimedia. RPS yang disusun menginterpretasikan pemodelan pembelajaran selama satu semester pada dua mata kuliah, yaitu Algoritma dan Pemrograman Dasar serta Lab. Pemrograman Dasar. Melalui mata kuliah tersebut dikembangkan materi ajar berbasis multimedia. Rencana Pembelajaran Semester dan materi dikemas dengan mengkhususkan pada kebutuhan dan evaluasi bagi mahasiswa autis. Pengumpulan data didapatkan melalui forum group discussion. Kemudian dianalisis menggunakan model Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat. Hasil yang didapatkan merupakan ketentuan dalam pemberian materi, evaluasi mahasiswa, dan model pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan mahasiswa autis yang disajikan dalam bentuk RPS. Untuk selanjutnya acuan dari RPS ditransformasikan menjadi materi ajar berbasis multimedia melalui video animasi dan permainan. Berdasarkan pengujian, hal tersebut secara signifikan berdampak pada terciptanya lingkungan belajar yang ideal bagi mahasiswa autis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education

Description

Educatio, ISSN: 1908-3224 (printed) and 2527-9998 (online), is an open access peer reviewed research journal that is published by the Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi. Educatio is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners ...