Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan
Vol 6, No 1 (2023)

Analisis Kepuasaan Pasien BPJS( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Instalasi Rawat Inap RSU Bina Sehat

Meliya Sonia Meliya (Universitas Teknologi Digital)
Ida Jalilah Fitria Ida (Universitas Teknologi Digital)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan Rawat Inap di RSU Bina Sehat yang menggunakan BPJS Kesehatan, dengan berfokus pada dimensi bukti fisik, daya tanggap, kehandalan, perhatian, dan jaminan. Kepuasan pasien diartikan sebagai tingkat kepuasan yang dirasakan seseorang setelah membandingkan penampilan atau hasil pelayanan yang dirasakan dengan harapannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yang bertujuan untuk mengamati, menganalisis, dan menggambarkan fenomena tertentu secara mendalam. Peneliti memberikan gambaran mengenai kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh RSU Bina Sehat. Dalam analisis pengalaman manusia, peneliti menggunakan deskripsi dari informan lainnya, seperti rekaman suara, catatan, dan foto di lapangan. Sebanyak 15 informan digunakan dalam penelitian ini, dan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka terkait kepuasan pasien guna memperkuat data yang ada.Data dikumpulkan dari staf bagian caremix dan pasien rawat inap yang menggunakan BPJS Kesehatan. Teknik analisis data yang digunakan mengikuti model Miles and Huberman, di mana pengumpulan data dilakukan dalam periode tertentu.Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa secara keseluruhan, pelayanan di RSU Bina Sehat telah berjalan dengan baik. Kepuasan pasien dinilai mencapai 80%, di mana mayoritas pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Namun, masih ada kebutuhan untuk meningkatkan fasilitas dan melakukan evaluasi guna memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan pasien. Dengan demikian, semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, maka semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pasien.Keyword: Kepuasan pasien, kualitas pelayanan, RSU Bina Sehat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmiak-rekammedis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan (JMIAK), diterbitkan oleh Program Studi Perekam Medis & Informasi Kesehatan UNIVET. Terbit 2 kali dalam 1 tahun, yaitu pada bulan Juni dan November. Berisi naskah ilmiah berupa hasil penelitian, studi literatur/ artikel review, editorial dan ...