Jurnal Counsellia
Vol 3, No 2 (2013)

PENINGKATAN PEMAHAMAN DIRI MELALUI MODEL PERMAINAN JOHARI WINDOW SISWA KELAS X AK 3 SMK SORE KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Asri, Dahlia Novarianing (Unknown)
Trianjanisari, Puput (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2015

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan peneliti di lapangan dan wawancara dengan konselor sekolah, diketahui bahwa kurang lebih 70% siswa kelas X Ak 3 di SMK SORE Kota Madiun Tahun Pelajaran 2012/2013 memiliki pemahaman diri yang masih rendah. Cara yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman diri siswa adalah dengan menggunakan model permainan Johari Window. Model Johari Window merupakan model permainan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran diri (self-awareness) dan pemahaman diri (self understanding) pada individu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman diri melalui model permainan Johari Window siswa kelas X Ak 3 SMK SORE Kota Madiun tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pre-test and post test group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak 3 SMK SORE Kota Madiun. Pengambilan sampel  dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu siswa kelas X Ak 3 sebanyak 20 siswa.  Pengumpulan data untuk mengetahui tingkat pemahaman diri siswa sebelum dan sesudah diberikan model permainan Johari Windowdalam penelitian ini menggunakan metode angket. Dalam menganalisis data menggunakan teknik t-test.Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan pemahaman diri siswa sebelum dan sesudah diberikan model permainan Johari Window yang berarti ada peningkatan pemahaman diri melalui model permainan Johari Window siswa kelas X Ak 3 SMK SORE Kota Madiun tahun pelajaran 2012/2013.Kata Kunci : Pemahaman Diri, Model Permainan Johari Window.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Other

Description

Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with registered number ISSN: 2088-3072 (Print) and ISSN: 2477-5886 (Online), is a peer-reviewed journal which publishes conceptual ideas, studies and research on the theory and application of Guidance and Counseling also education related to Guidance and ...