JURNAL TEKNIK MESIN
Vol 11, No 2 (2023): VOLUME 11, NOMOR 2, APRIL 2023

ANALISIS RANGKA SEPEDA MOTOR JENIS MONOCOQUE DENGAN MATERIAL KOMPOSIT MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Diego Okto Mando Sinaga (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Djoeli Satrijo (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)
Ojo Kurdi (Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2023

Abstract

Pada kendaraan bermotor, rangka merupakan bagian terpenting yang akan menahan dan sebagai tempat dudukan berbagai macam komponen-komponen, serta mendukung beban komponen tersebut pada sistem kendaraan. Perhitungan kekuatan rangka merupakan hal yang sangat penting unuk memastikan rangka mampu menahan beban. Perhitungan kekuatan rangka dapat dilakukan secara manual (hand calculation) atau dengan menggunakan Finite Element Analysis (FEA). Banyak software yang bisa digunakan seperti Solidworks, Autodesk Inventor, CATIA, dan Ansys. FEA telah banyak digunakan sebagai tool analysis untuk memperoleh gambaran distribusi tegangan dan memprediksi kekuatan struktur. Penggunaan FEA dalam memprediksi kekuatan suatu konstuksi sistemĀ  mekanikal dapat menekan biaya desain bila dibandingkan dengan eksperimen.

Copyrights © 2023