Jurnal Counsellia
Vol 5, No 1 (2015)

PENERAPAN BIMBINGAN SOSIAL BERBANTUAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING SISWA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BENDO KABUPATEN MAGETAN

Widyaningrum, Dian (Unknown)
Sumarwoto, Vitalis Djarot (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2015

Abstract

Perilaku bullying akhir-akhir ini semakin meresahkan masyarakat, bukan hanya pada masyarakat umum, namun telah merasuki kehidupan pembelajaran siswa-siswa di sekolah. Perilaku bullying merupakan salah satu bentuk perilaku agresif, dapat bersifat gangguan fisik, psikis, ataupun sosial. Sasaran utama perilaku bullying adalah individu (siswa) yang dinilai lebih lemah.Perilaku bullying, terlebih yang telah meresahkan siswa di sekolah, perlu segera dicarikan pemecahannya. Salah satu alternatif pemecahan masalah yang diyakini dapat mengurangi, bahkan menghilangkan perilaku bullying adalah dengan mengaplikasikan bimbingan sosial berbantuan metode sosiodrama. Melalui penerapan layanan bimbingan sosial berbantuan teknik sosiodrama ini diprediksi akan dapat menjadi metode yang konstruktif dalam upaya mengatasi masalah bullying siswa di sekolah. Melalui teknik sosiodrama siswa akan merasa terilbat langsung dalam memainkan peran yang bertujuan mengubah diri sendiri dan berkeinginan berperilaku lebih positif.           Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bimbingan sosial berbantuan metode sosiodrama untuk mengurangi perilaku bullying pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendo Kabupaten Magetan.Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendo Kabupaten Magetan, yang memiliki kecenderungan perilaku bullying, yang berjumlah 50 orang siswa. Sampel penelitian ditetapkan sebanyak 30 siswa dari 50 orang siswa anggota populasi.  Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik angket. Analisis data penelitian menggunakan teknik  statistik, dengan rumus bangun uji-t. Hasil penelitian menunjukan harga t-hitung lebih besar dibandingkan dengan harga t-tabel, sehingga dinyatakan  signifikan.Simpulan penelitian: penerapan bimbingan sosial berbantuan metode sosiodrama dapat mengurangi perilaku bullying siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bendo Kabupaten Magetan. Kata Kunci: Bimbingan Sosial, Metode Sosiodrama, Perilaku Bullying

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JBK

Publisher

Subject

Other

Description

Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with registered number ISSN: 2088-3072 (Print) and ISSN: 2477-5886 (Online), is a peer-reviewed journal which publishes conceptual ideas, studies and research on the theory and application of Guidance and Counseling also education related to Guidance and ...