Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA
Vol 5, No 2 (2023)

PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 TERHADAP PENGEMBANGAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA

Ari Irawan (Universitas Indraprasta PGRI)
Chatarina Febriyanti (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Indraprasta PGRI)
Gita Kencanawaty (Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana peran mahasiwa bimbingan kampus mengajar angkatan 5 dalam meningkatkan dan mengembangkan kemmapuan literasi dan numerasi siswa. Kegiatan/ program apa saja yang dilukan mahasiswa KM 5 untuk mendukung tujuan dari peningkatan literasi dan numerasi. Soft skill dan hard skill apa yang didapatkan mahasiwa KM 5 dalam kegiatan MBKM ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jumlah mahasiswa bimbingan sebanyal 9 orang. Pengambilan data digunakan wawancara, observasi dan dokumentsi dengan teknik analisis data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian inia dalah peran mahasiswa KM 5 in sagant banyak dalam meningktakan kemampuan literasi dan numerasi yang dituangkan dalam berbagai program dan kegiatan yang bermanfaat bagi siswa dan membantu guru dalam kegiatan pembelajaran. Adapun kegiatan yang dilakukan mahasiswa adalah penggunaan teknologi dalam pembelajaran, memberikan pengalaman belajar langsung kepada siswa dan meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eduproxima

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics

Description

Jurnal Eduproxima: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA menyajikan hasil penelitian yang berkenaan dengan bidang kajian fisika, kimia, biologi, dan penerapan IPA atau sains dalam pendidikan. Jurnal diterbitkan 2 kali setahun (Januari dan ...