Jurnal Dunia Pendidikan
Vol 3 No 3 (2023): Jurnal Dunia Pendidikan

Analisis Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Hypnoteaching Asal-Usul Cerita Rakyat Danau Toba

Farell Zahra Vadinda (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fitra Audina (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan meningkatkan kemampuan menulis naskah drama dengan pendekatan kontekstual berbasis hypnoteaching asal-usul cerita rakyat danau toba siswa kelas VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan tahun pelajaran 2022/2023, sedangkan materi penelitiannya adalah kemampuan menulis naskah drama di media popular danau toba. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, observasi dan dokumentasi. Kajian dilakukan dalam dua periode yang masing-masing direncanakan berdasarkan rincian kegiatan setiap pertemuan sebagai berikut : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Uji keakuratan data dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis naskah drama mengalami peningkatan VIII SMP Sultan Iskandar Muda Medan dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis cerita rakyat asal-usul danau toba. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 siswa. yang tuntas sebesar 44,5% dengan kategori cukup dan terjadi peningkatan pada siklus 2 dengan jumlah siswa yang tuntas 86,1% dengan kategori baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JURDIP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Dunia Pendidikan adalah jurnal penelitian peer review akses terbuka yang diterbitkan oleh LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna. Jurnal Dunia Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris asli tentang pendidikan yang ditulis oleh ...