Ath Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi
Vol 7 No 1 (2023): Ath-Thariq

MEDIA DAKWAH TIKTOK UNTUK GENERASI Z

Robby Aditya Putra (Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup)
Exsan Adde (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Maulida Fitri (Institut Agama Islam (IAI) Tulang Bawang)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Era digital merupakan zaman dimana pengguna media sosial dapat mengakses segala sesuatu dengan cepat, akses cepat ini disebut dengan virality, faktor ini memaksa para da'i menggunakan media sosial sebagai alat untuk menyampaikan dakwahnya sendiri, media tersebut terupdate dan dapat diakses serta efektif dibandingkan ke sarana propaganda lainnya. Aplikasi Tiktok atau yang lebih dikenal dengan Douysin, secara harfiah berasal dari Cina, dan diluncurkan pada bulan September 2016 oleh Zhang Yiming. Aplikasi Tiktok adalah platform video pendek yang dibuat dengan durasi sampai 10 menit yang berisi sosial dan didukung musik. Dengan memaksimalkan sarana komunikasi untuk berdakwah, lebih banyak orang akan menyebarkan pesan dakwah lebih cepat. Selain itu, pesan dakwah yang dikirim lebih cepat diterima. Selain karena banyak orang lebih memilih perangkat berteknologi tinggi seperti smartphone, yang membuat dakwah dengan media menjadi lebih menarik. Dapat dikatakan bahwa Tiktok merupakan alat dakwah yang efektif jika digunakan dengan benar sesuai syariat Islam. Secara keseluruhan, dakwah Tik Tok adalah dakwah milenial yang mampu menciptakan dakwah inovatif yang mampu menarik perhatian followers untuk dibagikan di media sosial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ath_thariq

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Ath-Thariq Jurnal Dakwah dan Komunikasi adalah jurnal penelitian yang khusus mempublikasikan naskah hasil penelitian tentang dakwah dan komunikasi yang belum dipublikasikan. Diterbitkan oleh Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Metro. Terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November. ...