Prosiding SIMKESNAS
Vol. 2 No. 1 (2023): Simposium Kesehatan Nasional

GAMBARAN KEPUASAN PELAYANAN SWAMEDIKASI DENGAN METODE SERVQUAL

Agustina Nila Yuliawati (Sekolah Tinggi Farmasi Mahaganesa)
Ni Putu Shanti Priandewi (Sekolah Tinggi Farmasi Mahaganesha)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2023

Abstract

Pelayanan swamedikasi di apotek menjadi alternatif pengobatan yang sering diambil masyarakat untuk meningkatkan keterjangkauan pengobatan. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui gambaran kepuasan pelayanan swamedikasi di salah satu Apotek di Denpasar. Penelitian cross-sectional ini dilakukan pada 170 orang responden selama Maret-April 2022 dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan kuesioner berdasarkan metode Service Quality (SERVQUAL). Jawaban kuesioner diolah dengan metode Importance Perfomance Analysis. Mayoritas responden masih merasakan adanya ketidakpuasan pada pelayanan swamedikasi (-0,20), terutama pada dimensi berwujud (-0,42). Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk untuk mengoptimalkan kepuasan pasien dalam pelayanan swamedikasi, khususnya pada dimensi berwujud. Kata Kunci: Nilai Harapan, Nilai Kenyataan, Kepuasan, Swamedikasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

simkesnas

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Prosiding ini diterbitkan 1 (satu) kali setiap tahun oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng dalam rangka diseminasi penelitian terkait dengan Rencana Induk Penelitian 2021 – 2025. Diharapkan melalui penerbitan prosiding ini dapat terwujud berbagai alternatif solusi terkait Inovasi Kesehatan ...