Abstrak Keterampilan membaca permulaan merupakan salah satu tujuan pembelajaran pada kelas rendah. Akan tetapi, hal tersebut kontradiksi dengan larangan tes membaca bagi peserta didik baru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan metode multisensori dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap siswa di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Wildan Kecamatan Bae Kudus. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer penelitian ini, yaitu guru kelas satu dan siswa kelas satu Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Wildan Kecamatan Bae Kudus. Sumber data sekunder penelitian ini, yaitu nilai ulangan tengah semester untuk melihat hasil belajar pascapenggunaan metode multisensori. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode multisensori dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Wildan dapat menjadi solusi permasalahan rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa kelas satu. Temuan tersebut membrikan implikasi bagi pembelajaran membaca permulaan. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Multisensori, Kesulitan Membaca Siswa, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Copyrights © 2023