Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan
Vol. 2 No. 3 (2023): September : Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GLIDEAPPS PADA MATERI HIDANGAN PENUTUP DI SMK DHARMA WANITA GRESIK Shofiyah Rahma Maulidiyah

Shofiyah Rahma Maulidiyah (Universitas Negeri Surabaya)
Lucia Tri Pangesthi (Universitas Negeri Surabaya)
Asrul Bahar (Universitas Negeri Surabaya)
Niken Purwidiani (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil pengembangan e-modul berbasis Glideapps pada materi hidangan penutup di SMK Dharma Wanita Gresik, 2) kelayakan e-Modul berbasis Glideapps pada materi hidangan penutup di SMK Dharma Wanita Gresik, 3) respon siswa terhadap e-Modul berbasis Glideapps pada materi hidangan penutup di SMK Dharma Wanita Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Hasil prototype e-modul hidangan penutup berbasis Glideapps diuji kelayakannya dari aspek materi dan media oleh masing-masing 2 validator ahli materi dan ahli media. Data kelayakan e-modul dan respon siswa dikumpulkan dengan teknik kuisoner secara offline menggunakan angket terbuka berskala likert rentangan 1-5. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jasa Boga SMK Dharma Wanita Gresik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil e-modul diunduh secara online melalui link mencakup materi hidangan penutup, 2) kelayakan aspek materi e-modul mencapai 92% dengan kategori sangat layak, sedangkan kelayakan aspek media mencapai 84% dengan kategori sangat layak, 3) respon siswa terhadap uji coba e-modul mencapai 89% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian e-Modul berbasis Glideapps sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sidu

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Pendidikan usia dini. Pendidikan Dasar. Pelajaran kedua. Pendidikan yang lebih tinggi. Pendidikan Karakter. Pendidikan non formal. Pendidikan Informal. Pendidikan Inklusi, dan Pendidikan Luar Biasa Lainnya (Bencana, Kemasyarakatan, Anti Korupsi, Bela Negara, dll). Sosial Humaniora ...