Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM)
Vol 2, No 2 (2023): Juni

Analisis Pola Perilaku Konsumsi pada Konsumen Muslim (Studi pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2017 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)

Nur Aisah (Universitas Mulawarman, Samarinda)
Rais Abdullah (Universitas Mulawarman, Samarinda)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumsi mahasiswa Ekonomi Syariah sebagai konsumen muslim. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian penelitian ini menggunakan teknik triangulasi untuk menganalisis data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumsi mahasiswa pada prinsip kemurahan hati, didominasi oleh mahasiswa yang mengalokasikan untuk sedekah, tetapi terdapat pula mahasiswa dengan alokasi untuk konsumsi dan tabungan. Prinsip kesederhanaan, mahasiswa membuat daftar belanja sebagai antisipasi perilaku boros, dan terdapat mahasiswa yang membuat daftar belanja tetapi masih membeli diluar daftar belanja yang bukan kebutuhannya. Prinsip kebersihan, mahasiswa selektif kepada semua yang dikonsumsi, selektif tidak hanya pada saat belanja langsung tetapi selektif juga ketika berbelanja secara tidak langsung, dan terdapat mahasiswa yang kurang selektif dalam memerhatikan kebersihan dan label halal. Perilaku konsumsi mahasiswa dipengaruhi oleh faktor seperti faktor personal yaitu keadaan ekonomi dan gaya hidup, faktor sosial yaitu keluarga dan teman, dan faktor psikologis yaitu motivasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JESM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Syariah Mulawarman (JESM), diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, merupakan forum untuk penerbitan artikel penelitian, berita teknologi baru yang berkaitan dengan ekonomi syariah. Jurnal ini terbit empat kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan ...