Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 3, No 1 (2015)

MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR I

Lusiana, Restu (Unknown)
Andari, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan perangkat pembelajaran yang baik dengan  menggunakan model pembelajaran Guide Inquiry pada mata kuliah Struktur Aljabar I Materi Grupoida. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bahwa mata kuliah Struktur Aljabar I merupakan salah satu mata kuliah prasyarat untuk mata kuliah lainnya, sehingga mata kuliah ini  penting untuk dipahami oleh mahasiswa. Penggunaan model pembelajaran Guide Inquiry dalam  pembelajaran merupakan salah satu cara untuk menarik minat mahasiswa dalam mengikuti dan  memahami materi Grupoida, karena dalam model pembelajaran ini (Guide Inquiry)  menekankan pada kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah umum melalui latihan  pemecahan masalah, praktek membentuk dan menguji hipotesis secara mandiri. Dalam model  Guide Inquiry dosen hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Penerapan model  pembelajaran Guide Inquiry diharapkan dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa sehingga  dapat mendorong mahasiswa untuk mempelajari materi pembelajaran dengan lebih baik. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan pendekatan pengembangan 4-D  Thiagarajan, dkk.. Pendekatan Thiagarajan terdiri dari 4 tahap yang dikenal dengan pendekatan  4-D (four D pendekatan). Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap  perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap penyebaran  (disseminate).  Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI  Madiun Semester V. Model pengumpulan data melalui  angket dan tes. Beberapa data yang  diperoleh pada pelaksanaan ujicoba perangkat pembelajaran meliputi aktivitas mahasiswa,kemampuan dosen mengelola pembelajaran, kemampuan mahasiswa dalam memahami materi,  tes hasil belajar, dan respon mahasiswa. Perangkat pembelajaran yang telah didapatkan  dinyatakan valid oleh para validator dan memenuhi kriteria yaitu aktivitas mahasiswa efektif,  kemampuan dosen mengelola pembelajaran baik, kemampuan mahasiswa dalam memahami  materi baik, tes hasil belajar sensitif, valid, dan reliabel, serta respon mahasiswa positif. Perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran Guide Inquiry yang dihasilkan meliputi Satuan Acara Perkuliahan (SAP),  Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), dan Tes Hasil Belajar  (THB) pada mata kuliah Struktur Aljabar I materi Grupoida. Kata Kunci:   Model Pembelajaran Guide Inquiry, Struktur Aljabar I

Copyrights © 2015