Journal of Community Empowerment and Innovation
Vol 2 No 1 (2023)

PENERAPAN SYPOKA (BUSYBOOK-POHON ANGKA) DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) AUTISME RIVERKIDS MALANG

Fitria Khasanah (Pendidikan, Teknologi Pembelajaran, Pendidikan Matematika Universitas Wisnuwardhana, Malang, Indonesia.)
Dian Rokhmawati (Universitas Wisnuwardhana, Malang, Indonesia.)
Ruvita Iffahtur Pertiwi4 (Universitas Wisnuwardhana, Malang, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2023

Abstract

Kemampuan literasi numerasi yang baik dapat dijadikan sebagai proteksi dalam menekan angka pengangguran, penghasilan rendah, dan Kesehatan yang buruk. Selain kemampuan, penguatan literasi dan numerasi dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan sehari-hari baik di rumah, pekrejaan, maupun kehiudpan bermasyarakat. Salah satu upaya penguatan literasi dan numerasi di SLB adalah melalui kegiatan GLS. Salah satunya di SLB Autisme River Kids Malang. Dengan penerapan Sypoka (Busy Book – Pohon Angka) diharapkan dapat membantu sekolah dalam mendukung program Gerakan Literasi Sekolah sebagai penguatan Numerasi dan Literasi. Dimana siswa dapat melihat dan memegang secara langsung media pembelajaran yang diterapkan. Dalam metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari beberapa Langkah kegiatan yang dilaksanakan, yaitu: Perijinan Kepada kepala Sekolah SLB Autisme River Kids, Observasi dan Penentuan Jadwal Pelaksanaan yang disepakati Mitra, Persiapan Alat dan bahan yang untuk pembuatan Sypoka (Busybook- Pohon Angka), Pengembangan Sypoka, Penerapan Sypoka Kepada Siswa, Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan. Sypoka yang dibuat oleh guru dengan didampingi oleh tim Abdimas (Dosen dan mahasiswa) terdiri dari 1 cover, bagian pengenalan angka, dan bagian pengenalan huruf. Dimana secara keseluruhan sypoka terdeiri dari 10 halaman yang terdiri atas halaman cover dan 9 halaman materi. Disetiap halaman memiliki tujuan pembelajaran tersendiri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

join

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Fokus kajian JOIN (Journal of Community Empowerment and Innovation) adalah pada daya saing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), kerjasama antar pemerintah desa, kapasitas organisasi perempuan, kreativitas dan inovasi teknologi informasi dalam pendidikan dan ...